PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN  KURIKULUM MERDEKA  DI PONDOK PESANTREN  AL MUHAJIRIN 3  CITAPEN PURWAKARTA

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM MERDEKA DI PONDOK PESANTREN AL MUHAJIRIN 3 CITAPEN PURWAKARTA

Author(s):
   Sutardjo Atmowidjoyo, Marhamah Syarif, Popi Puadah, Nadiyah Nur Ramadhan
Tahun:
   2019
Halaman:
 9 halaman
Ukuran:
 . cm
Berat:
 0 gram
Item Type:
 Penelitian
Keyword(s):
Kurikulum Merdeka belajar

Sekolah memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dan strategis dalam menyiapkan generasi penerus bangsa. Maka seluruh komponen harus berperan aktif dalam mewujudkan siswa yang berkualitas, diantaranya pengembangan kompetensi guru terus di laksanakan, agar proses pembelajaran dapat berjalan deng... (selengkapnya)

DESKRIPSI



Sekolah memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dan strategis dalam menyiapkan generasi penerus bangsa. Maka seluruh komponen harus berperan aktif dalam mewujudkan siswa yang berkualitas, diantaranya pengembangan kompetensi guru terus di laksanakan, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan mengikuti perkembangan zaman. Saat ini dunia sudah memasuki abad 21, maka seluruh aktivitas manusia sudah mengarah pada kecanggihan teknologi.Abad 21 telah memberi arah kemajuan teknologi dan informasi yang berkembang sangat pesat, sehingga menuntuk dunia Pendidikan agar senantiasa mengikuti perkembangan abad ini, karena dengan beberapa pembaharuan yang mencakup proses pembelajaran melalui ketrampilan belajar dan mendidik peserta didik dengan pola berfikir kritis, kreatif dan inovatif. Peran guru pada abad ini juga harus berfikir dan berkreasi secara inovatif, agar pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan era ini. Bila seorang guru tidak mengikuti perkembangan dunia Pendidikan saat ini, maka guru itu akan tertinggal dan di tinggal.Guru harus memahami kurikulum yang pada saat ini telah di kembangkan kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka belajar merupakan kurikulum yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek yaitu kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, karena terdapat konten pembelajaran akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensinya