TEORI KETUNTASAN BACA TULIS QURAN DAN REALITAS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK

TEORI KETUNTASAN BACA TULIS QURAN DAN REALITAS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK

Author(s):
   Sayid Qutub
Tahun:
   2024
Halaman:
 113 halaman
Berat:
 0 gram
Nama Penulis:
 Sayid Qutub
Item Type:
 Penelitian

Judul:Teori Ketuntasan Baca Tulis Al-Quran dan Realitas Kemampuan Peserta Didik (Study pada SDN Utan Kayu Selatan 13 Pagi)

Memahami dan mempelajari Islam secara keseluruhan diperlukan bagi para umatnya untuk mampu membaca serta menulis Al-Quran, karena Al-Quran adalah ped... (selengkapnya)

DESKRIPSI



Judul:Teori Ketuntasan Baca Tulis Al-Quran dan Realitas Kemampuan Peserta Didik (Study pada SDN Utan Kayu Selatan 13 Pagi)

Memahami dan mempelajari Islam secara keseluruhan diperlukan bagi para umatnya untuk mampu membaca serta menulis Al-Quran, karena Al-Quran adalah pedoman dan petunjuk bagi kehidupan manusia menuju kebahagian dunia dan akhirat. Mampu membaca Al-Quran itu wajib bagi setiap muslim dan dijanjikan pahala oleh Allah, namun masih banyak peserta didik di sekolah ini yang belum mampu membaca dan menulis Al-Quran dengan baik dan benar. Guru yang kurang memiliki kemampuan mengajarkan Al-Quran dengan benar serta menarik perhatian dan minat siswa juga berpengaruh pada ketidaktuntasan siswa dalam membaca dan menulis Al-Quran dan kurang sadarnya orang tua dan anak akan pentingnya mempelajari baca tulis Al-Quran menyebabkan anak muslim banyak yang belum bisa membaca Al-Quran diusia dini bahkan remaja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis Al-Quran. Penelitian ini bersifat kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, obeservasi, dokumentasi dan uji sampel. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan siswa kelas VI. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 responden, dengan teknik sampel jenuh yang dimana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel.
Berdasarkan hasil penelitian ini, sebanyak 50.7 % tidak tuntas membaca dan menulis Al-Quran. Tolak ukur ketuntasan pada penelitian ini siswa mampu membaca dan menulis Al-Quran dengan kaidah tajwid yang sudah dipelajari yaitu hukum Alif lam, hukum nun mati dan tanwin dan qalqalah masih banyak yang belum bisa mengaplikasikannya dalam membaca dan menulis Al-Quran.

Kata Kunci : Ketuntasan Baca Tulis Al-Quran, Metode Baca Tulis Al-Quran.