Pengaruh Pengetahuan Agama Terhadap Sikap Moderasi Beragama Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Sejahtera Pare, Kediri, Jawa Timur, Tahun 2023

Pengaruh Pengetahuan Agama Terhadap Sikap Moderasi Beragama Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Sejahtera Pare, Kediri, Jawa Timur, Tahun 2023

Categorie(s):
   Artikel
Author(s):
   Yuyu Wahyudin, Azmi Aly Muchtar
Tahun:
   2023
Halaman:
 431 halaman
Ukuran:
 - cm
Berat:
 0 gram
Kode:
 -
Nama Penulis:
 Yuyu Wahyudin
Item Type:
 Journal
Additional Info:
 -
ISSN/ISBN:
2988-7860
eISSN/eISBN:
29887992
Keyword(s):
Moderasi Beragama, Yuyu Wahyudin, Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.57185/mutiara.v1i7.48

Indonesia adalah negara multikultural, terdiri dari berbagai suku, kultur, budaya, dan agama. Keragaman ini telah melahirkan cara dan gaya hidup yang beragam pula sehingga gesekan antar entitas pun tidak bisa dihindari. Namun demikian sudah terbukti bahwa pemerintah, sampai saat ini t... (selengkapnya)

DESKRIPSI



Indonesia adalah negara multikultural, terdiri dari berbagai suku, kultur, budaya, dan agama. Keragaman ini telah melahirkan cara dan gaya hidup yang beragam pula sehingga gesekan antar entitas pun tidak bisa dihindari. Namun demikian sudah terbukti bahwa pemerintah, sampai saat ini telah mampu mengatasi gesekan tersebut dengan baik, dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, artinya berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.Pada era digital saat ini, kehidupan yang serba mudah dengan menggunakan jaringan internet. Disamping mendatangkan manfaat, internet juga mendatangkan bisa ancaman atas eksistensi sebuah masyarakat (negara). Pertanyaanya. Kedepannya, Apakah pemerintah masih mampu menjaga keragaman ini? Moderasi Beragama merupakan konsep yang tepat untuk menjaga keragaman ini. Karena Moderasi Beragama adalah sikap tengah-tengah, proforsional, tidak berlebihan, tidak ekstrim kanan, tidak ekstrim kiri, dan tidak bersikap eksklusiv. Atas dasar itulah, peneliti merasa perlu mengangkat tema ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan pendekatan Studi Kasus (Case Studies). Dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, observasi, arsip dan dokumentasi. Jawaban wawancara dan kuesioner dihitung dengan menggunakan besaran prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan Agama Islam telah memberi pengaruh positif kepada sikap Moderasi Beragama Siswa-siswi Kelas XI Madrasah Aliyah Sejahtera, Pare, Kediri, Jawa Timur dengan tingkat prosentase mencapai 90%.
  Link File