Public Relation
Categorie(s):
Diktat
Author(s):
Siti Uswatun Khasanah, MA.Hum
Tahun:
2022
Item Type:
e-books
Definisi Public Relatoins
Public Relations yang diterjemahkan menjadi hubungan masyarakat
(humas) mempunyai dua pengertian. Pertama, humas dalam artian
sebagai teknik komunikasi atau technique of communication dan kedua,
humas sebagai metode komunikasi atau method of communication
(Abdurra... (selengkapnya)
Public Relations yang diterjemahkan menjadi hubungan masyarakat
(humas) mempunyai dua pengertian. Pertama, humas dalam artian
sebagai teknik komunikasi atau technique of communication dan kedua,
humas sebagai metode komunikasi atau method of communication
(Abdurra... (selengkapnya)
DESKRIPSI
Definisi Public Relatoins
Public Relations yang diterjemahkan menjadi hubungan masyarakat
(humas) mempunyai dua pengertian. Pertama, humas dalam artian
sebagai teknik komunikasi atau technique of communication dan kedua,
humas sebagai metode komunikasi atau method of communication
(Abdurrahman, 1993: 10). Konsep Public Relations sebenarnya berkenaan
dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui
kegiatan-kegiatan tersebut akan muncul perubahan yang berdampak (lihat
Jefkins, 2004: 2).
Public Relations menyangkut suatu bentuk komunikasi yang berlaku
untuk semua organisasi (non profit - komersial, publik- privat, pemerintah -
swasta). Artinya Public Relations jauh lebih luas ketimbang pemasaran dan
periklanan atau propaganda, dan telah lebih awal. Dewasa ini, Public
Relations harus berhadapan dengan fakta yang sebenarnya, terlepas dari
apakah fakta itu buruk, baik, atau tanpa pengaruh yang jelas. Karena itu,
staf Public Relations dituntut mampu menjadikan orang-orang lain
memahami suatu pesan, demi menjaga reputasi atau citra lembaga yang
diwakilinya
Public Relations yang diterjemahkan menjadi hubungan masyarakat
(humas) mempunyai dua pengertian. Pertama, humas dalam artian
sebagai teknik komunikasi atau technique of communication dan kedua,
humas sebagai metode komunikasi atau method of communication
(Abdurrahman, 1993: 10). Konsep Public Relations sebenarnya berkenaan
dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui
kegiatan-kegiatan tersebut akan muncul perubahan yang berdampak (lihat
Jefkins, 2004: 2).
Public Relations menyangkut suatu bentuk komunikasi yang berlaku
untuk semua organisasi (non profit - komersial, publik- privat, pemerintah -
swasta). Artinya Public Relations jauh lebih luas ketimbang pemasaran dan
periklanan atau propaganda, dan telah lebih awal. Dewasa ini, Public
Relations harus berhadapan dengan fakta yang sebenarnya, terlepas dari
apakah fakta itu buruk, baik, atau tanpa pengaruh yang jelas. Karena itu,
staf Public Relations dituntut mampu menjadikan orang-orang lain
memahami suatu pesan, demi menjaga reputasi atau citra lembaga yang
diwakilinya