RELATIONSHIPS BETWEEN MARKET ORIENTATION, NON-TECHNOLOGICAL INNOVATION, AND BUSINESS PERFORMANCE AT SMALL AND MEDIUM INDUSTRIES (SMI)

RELATIONSHIPS BETWEEN MARKET ORIENTATION, NON-TECHNOLOGICAL INNOVATION, AND BUSINESS PERFORMANCE AT SMALL AND MEDIUM INDUSTRIES (SMI)

Categorie(s):
   Jurnal
Author(s):
   Lukman Achmad
Tahun:
   2017
Nama Penulis:
 Lukman Achmad
Item Type:
 Journal
ISSN/ISBN:
1693-5241
eISSN/eISBN:
2302-6332
Keyword(s):
market-oriented, non-technological innovation, business performance
DOI:
http://dx.doi.org/10.18202/jam23026332.15.1.06

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara orientasi pasar dengan kinerja bisnis dan dimediasi oleh inovasi non-teknologi. Penelitian ini menggunakan survei yang melibatkan 71 perusahaan produsen komponen otomotif. Semua perusahaan berlokasi di kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. D... (selengkapnya)

DESKRIPSI



Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara orientasi pasar dengan kinerja bisnis dan dimediasi oleh inovasi non-teknologi. Penelitian ini menggunakan survei yang melibatkan 71 perusahaan produsen komponen otomotif. Semua perusahaan berlokasi di kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Data dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural berbasis kovarians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar sangat penting untuk meningkatkan kinerja bisnis dan kemampuan inovasi non-teknologi. Studi ini menyoroti pentingnya peran mediasi inovasi non-teknologi ketika memeriksa hubungan antara orientasi pasar dan kinerja bisnis. Hasil tersebut menyiratkan bahwa perusahaan yang memproduksi komponen otomotif perlu mendorong mereka untuk meningkatkan orientasi pasar inovasi non-teknologi dan kinerja bisnis.
      Link File