Factor influencing the marketing performance of Indonesian palm oil companies
Categorie(s):
Jurnal
Author(s):
Ali Yusuf, Lukman Achmad, Fikriah
Tahun:
2019
Nama Penulis:
Ali Yusuf, Lukman Achmad, Fikriah
Item Type:
Journal
ISSN/ISBN:
2349-5979
eISSN/eISBN:
2349-4182
Konsep kinerja pemasaran masih belum banyak dipelajari secara empiris, terutama di pasar negara berkembang seperti Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang hubungan antara lingkungan bisnis eksternal, lingkungan bisnis internal, strategi pemasaran, d... (selengkapnya)
DESKRIPSI
Konsep kinerja pemasaran masih belum banyak dipelajari secara empiris, terutama di pasar negara berkembang seperti Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang hubungan antara lingkungan bisnis eksternal, lingkungan bisnis internal, strategi pemasaran, dan kinerja pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode survei untuk memperoleh data tentang empat variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah 112 perusahaan kelapa sawit yang berlokasi di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Metode analisis utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan bisnis eksternal terhadap strategi pemasaran dan kinerja pemasaran adalah positif dan signifikan. Lingkungan bisnis internal juga ditemukan berdampak positif dan signifikan terhadap strategi pemasaran dan kinerja pemasaran. Temuan penelitian ini menambah pengetahuan tentang hubungan simultan antara lingkungan bisnis eksternal, lingkungan bisnis internal, strategi pemasaran, dan kinerja pemasaran. Temuan ini menyiratkan bahwa perusahaan harus lebih memperhatikan tiga item lingkungan bisnis eksternal: kondisi ekonomi nasional, perubahan dan perkembangan teknologi, dan kondisi persaingan serta tiga item lingkungan bisnis internal: ukuran organisasi, kondisi keuangan, dan sumber daya manusia.
Link File