UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AHKLAK SISWA (Study Kasus di SMK Negri 40 Jakarta)

UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AHKLAK SISWA (Study Kasus di SMK Negri 40 Jakarta)

Author(s):
   Syahrullah, Novita Sulistiani, Latifah Kamelia, Reza Yanuar S, Abdul Lathif, Nurul Hidayah, Galuh Surya P, M. Guruh T, Sayidatul Lidya
Tahun:
   2020
Nama Penulis:
 Syahrullah, Novita Sulistiani, Latifah Kamelia, Reza Yanuar S, Abdul Lathif, Nurul Hidayah, Galuh Surya P, M. Guruh T, Sayidatul Lidya
Item Type:
 Penelitian
Keyword(s):
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, MEMBINA AHKLAK SISWA

ABSTRAK

Judul Penelitian : UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA


Jumlah Halaman Permulaan: 8
Jumlah Halaman Isi : 64



Kata Kunci : Metode, Guru PAI, membina Ahklak Siswa.

Akhlak merupakan bagian terpenting dalam kehidupan. Akhlak mengatur manusia dalam... (selengkapnya)

DESKRIPSI



ABSTRAK

Judul Penelitian : UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA


Jumlah Halaman Permulaan: 8
Jumlah Halaman Isi : 64



Kata Kunci : Metode, Guru PAI, membina Ahklak Siswa.

Akhlak merupakan bagian terpenting dalam kehidupan. Akhlak mengatur manusia dalam berperilaku, bertutur kata dan bertindak. Akhlak juga merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik sebagai bekal ketika mereka bergaul dalam lingkungan sosial. Oleh karena itu, guru Pendidikan Agama Islam harus berupaya agar akhlak peserta didik tidak bertentangan dengan syari'at islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa.
Penelitian yang dilakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisa hasil penelitian,digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa datadata dari informasi yang diberikan oleh narasumber.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 40 Jakarta yaitu dengan cara melaksanakan program pembinaan akhlak disekolah dengan dilakukan melalui berbagai metode seperti metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat dan metode hukuman. Guru agama islam membiasakan siswanya untuk memberi salam dan membiasakan membaca Al-Qur'an, dan membiasakan sholat berjamaah.
Hasil penelitian selanjutnya adalah faktor pendukung dalam upaya pembinaan akhlak adalah dukungan dari seluruh warga sekolah dan orang tua murid dalam proses pernbinaan, kepedulian guru untuk saling bahu membahu dalam kegiatan upaya pembinaan akhlak, serta sarana dan prasarana yang memadai selama proses pembinaan akhlak. Faktor penghambat dalam upaya pernbinaan akhlak adalah masih terdapat peserta didik yang kurang memiliki kesadaran dalam mengikuti kegiatan pembinaan akhlak.
Kata Kunci : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak,

Siswa
E. Jumlah Buku : 21 ( 1995-2018 )

Jakarta, 30 Juli 2019



Penulis