PERAN GURU DALAM PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK
Author(s):
Suprapto, Reza Yanuar Syahputra, Fajar Dwitama, Tuti Kalamiyah, Lulu Rahmawati
Tahun:
2021
Nama Penulis:
Suprapto, Reza Yanuar Syahputra, Fajar Dwitama, Tuti Kalamiyah, Lulu Rahmawati
Item Type:
Penelitian
Keyword(s):
PERAN GURU, PEMBINAAN KECRDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK
ABSTRAK
A.Judul Penelitian : PERAN GURU DALAM PEMBINAAN KECRDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK (Studi Kasus SMP Al-Washliyah 1)
B.Jumlah Halaman Permulaan: vii
Jumlah Halaman Penelitian : 73
C.Isi Ringkasan Penelitian:
Penelitian dilatar belakangi pentingnya peran guru dalam tuj... (selengkapnya)
A.Judul Penelitian : PERAN GURU DALAM PEMBINAAN KECRDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK (Studi Kasus SMP Al-Washliyah 1)
B.Jumlah Halaman Permulaan: vii
Jumlah Halaman Penelitian : 73
C.Isi Ringkasan Penelitian:
Penelitian dilatar belakangi pentingnya peran guru dalam tuj... (selengkapnya)
DESKRIPSI
ABSTRAK
A.Judul Penelitian : PERAN GURU DALAM PEMBINAAN KECRDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK (Studi Kasus SMP Al-Washliyah 1)
B.Jumlah Halaman Permulaan: vii
Jumlah Halaman Penelitian : 73
C.Isi Ringkasan Penelitian:
Penelitian dilatar belakangi pentingnya peran guru dalam tujuan pendidikan pada peserta didik dalam membina kecerdasan spiritual diharapkan mampu mengantarkan peserta didik lebih peka terhadap pengaruh luar yang negatif. Menurut UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan tidak hanya terfokus kepada hal kognitif saja peningkatan akhlak pun sangat di junjung tinggi yang direalisasikan secara konseptual dalam kehidupan.
Penulis gunakan metode Deskriptif Kualitatif yaitu mengumpulkan informasi, materi. Peneliti memilih metode agar mempertegas, memperjelas dan mendeskripsikan peran guru dalam membina kecerdasan spiritual.
Hasil dari penelitian, menurut data yang didapat dari guru PAI SMP Al-Washliyah 1, guru melakukan peran dengan optimal segala cara untuk menjadi pemimpin, fasilitator, motivator, teladan, evaluator. Agar dapat membina kecerdasan spiritual dengan efektif dan efisien dan peserta didik memiliki sikap Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fatonah dan Istiqomah.
Kesimpulan dari hasil penelitian, penulis menemukan adanya ikatan peran guru dan kecerdasan spiritual peserta didik. Kecerdasan spiritual digunakan untuk mengelola karakter peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan dan tujuan pendidikan agama islam dengan melakukan memberikan contoh atau modeling.
D.Daftar Keputusan: 53
Jumlah Buku: 33
Sumber lain: 20
Jakarta, 12 Desember 2021
Tim Peneliti
A.Judul Penelitian : PERAN GURU DALAM PEMBINAAN KECRDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK (Studi Kasus SMP Al-Washliyah 1)
B.Jumlah Halaman Permulaan: vii
Jumlah Halaman Penelitian : 73
C.Isi Ringkasan Penelitian:
Penelitian dilatar belakangi pentingnya peran guru dalam tujuan pendidikan pada peserta didik dalam membina kecerdasan spiritual diharapkan mampu mengantarkan peserta didik lebih peka terhadap pengaruh luar yang negatif. Menurut UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan tidak hanya terfokus kepada hal kognitif saja peningkatan akhlak pun sangat di junjung tinggi yang direalisasikan secara konseptual dalam kehidupan.
Penulis gunakan metode Deskriptif Kualitatif yaitu mengumpulkan informasi, materi. Peneliti memilih metode agar mempertegas, memperjelas dan mendeskripsikan peran guru dalam membina kecerdasan spiritual.
Hasil dari penelitian, menurut data yang didapat dari guru PAI SMP Al-Washliyah 1, guru melakukan peran dengan optimal segala cara untuk menjadi pemimpin, fasilitator, motivator, teladan, evaluator. Agar dapat membina kecerdasan spiritual dengan efektif dan efisien dan peserta didik memiliki sikap Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fatonah dan Istiqomah.
Kesimpulan dari hasil penelitian, penulis menemukan adanya ikatan peran guru dan kecerdasan spiritual peserta didik. Kecerdasan spiritual digunakan untuk mengelola karakter peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan dan tujuan pendidikan agama islam dengan melakukan memberikan contoh atau modeling.
D.Daftar Keputusan: 53
Jumlah Buku: 33
Sumber lain: 20
Jakarta, 12 Desember 2021
Tim Peneliti