KARAKTERISTIK PROFIL GURU YANG TIDAK TERGANTIKAN DI MASA PANDEMI

KARAKTERISTIK PROFIL GURU YANG TIDAK TERGANTIKAN DI MASA PANDEMI

Author(s):
   Mugiyono, HANNY NURMALIHA, LILI NUR INDAH SARI, PERMADI ISMANTO, SHARFINA DINI NADILAH, MAULIDATUL HASANAH, AULIA RAHMAWATI
Tahun:
   2020
Nama Penulis:
 Mugiyono, HANNY NURMALIHA, LILI NUR INDAH SARI, PERMADI ISMANTO, SHARFINA DINI NADILAH, MAULIDATUL HASANAH, AULIA RAHMAWATI
Item Type:
 Penelitian
Keyword(s):
Pandemi, Virus Corona, Karakteristik Guru

ABSTRAK

KARAKTERISTIK PROFIL GURU YANG TIDAK TERGANTGIKAN DI
MASA PANDEMI

Kata Kunci: Pandemi, Virus Corona, Karakteristik Guru
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang melanda
dunia termasuk Indonesia, berdampak pada berbagai aspek kehidupan salah satunya
... (selengkapnya)

DESKRIPSI



ABSTRAK

KARAKTERISTIK PROFIL GURU YANG TIDAK TERGANTGIKAN DI
MASA PANDEMI

Kata Kunci: Pandemi, Virus Corona, Karakteristik Guru
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang melanda
dunia termasuk Indonesia, berdampak pada berbagai aspek kehidupan salah satunya
pendidikan. Pihak sekolah dituntut agar tetap melakukan pembelajaran dengan proses
yang sudah tidak melakukan tatap muka di kelas melainkan dengan pembelajaran
daring. Guru diharapkan tetap melakukan motivasi belajar kepada anak agar mereka
tetap semangat belajar meskipun dalam susasana pandemi. Peran guru dalam
pembelajaran tidak dapat tergantikan meskipun dalam suasana pandemi peran
teknologi lebih diutamakan. Teknologi hadir sebagai jembatan dalam mempermudah
guru dalam mengajar pada era pandemi. Namun kenyataannya, ada banyak problem
yang terjadi di lapangan. Masih banyak kendala proses pembelajaran dalam masa
pandemic oleh karenanya peran guru sangat dibutuhkan agar peserta didik tetap bisa
dimonitori hasil belajarnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui karakteristik profil guru yang tidak tergantikan di masa pandemi (2) mengetahui problematika pembelajaran di masa pandemi (3) mengetahui langkah strategis dan solusi bagi dunia pendidikan dalam mengatasi problematika tersebut. Hasil penelitian yaitu peran guru sangat diperlukan dalam menunjang proses pembelajaran secara daring agar pada masa pandemic Covid-19 proses belajar anak tidak menjadi terbengkalai dan mereka tetap bisa belajar dengan senang tanpa ada rasa beban dalam proses belajarnya.