UPAYA LEMBAGA DALAM MEMBENTUK STANDAR KOMPETENSI LULUSAN YANG BERKUALITAS (Observasi SMKN 7 Jakarta)
Author(s):
Kunaenih, Aniesa, Nur Annisa, Rahmat R.L, Ratih Liz Indriani
Tahun:
2020
Nama Penulis:
Kunaenih, Aniesa, Nur Annisa, Rahmat R.L, Ratih Liz Indriani
Item Type:
Penelitian
Keyword(s):
Lembaga Pendidikan, SKL berkualitas
ABSTRAK
UPAYA LEMBAGA DALAM MEMBENTUK STANDAR KOMPETENSI LULUSAN YANG BERKUALITAS
(Observasi SMKN 7 Jakarta)
Penulis : Aniesa (31.16.060)
Nur Annisa (31.16.123)
Rahmat R.L (31.16.062)
Ratih Liz Indriani (31.16.114)
Kata Kunci : Lembaga Pendidikan, SKL berkualitas
Lembaga pendidikan m... (selengkapnya)
UPAYA LEMBAGA DALAM MEMBENTUK STANDAR KOMPETENSI LULUSAN YANG BERKUALITAS
(Observasi SMKN 7 Jakarta)
Penulis : Aniesa (31.16.060)
Nur Annisa (31.16.123)
Rahmat R.L (31.16.062)
Ratih Liz Indriani (31.16.114)
Kata Kunci : Lembaga Pendidikan, SKL berkualitas
Lembaga pendidikan m... (selengkapnya)
DESKRIPSI
ABSTRAK
UPAYA LEMBAGA DALAM MEMBENTUK STANDAR KOMPETENSI LULUSAN YANG BERKUALITAS
(Observasi SMKN 7 Jakarta)
Penulis : Aniesa (31.16.060)
Nur Annisa (31.16.123)
Rahmat R.L (31.16.062)
Ratih Liz Indriani (31.16.114)
Kata Kunci : Lembaga Pendidikan, SKL berkualitas
Lembaga pendidikan merupakan salah satu yang bertanggung jawab dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk membentuk lulusan yang berkualitas, lembaga pendidikan harus memiliki suatu acuan dasar atau standarisasi, salah satunya yaitu Standar Kompetensi Lulusan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya lembaga pendidikan dalam membentuk standar kompetensi lulusan yang berkualitas.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deslcriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokurnentasi. Teknik anahsis data dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles and Huberman, seperti data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion (penarikan kesimpulan).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa proses untuk membentuk SKL yang berkulitas hams menentukan upaya-upayanya terlebih dahulu. Upaya-upaya tersebut diantaranya mengatasi kelinearan pendidik dalam latar belakang jenjang pendidikannya, menambah pendidik sesuai kebutuhan sekolah, meningkatkan metode belajar, kualitas materi dan sarana dan prasarana.
Hal Lain Yang Dianggap Perlu
Jumlah Halaman Permulaan : xii
Jumlah Halaman Isi laporan penelitian : 65
Jumlah Tabel : 9
Jumlah Referensi : 22 Buku (2003-2018)
Jakarta, 26 Juni 2020
Peneliti.
UPAYA LEMBAGA DALAM MEMBENTUK STANDAR KOMPETENSI LULUSAN YANG BERKUALITAS
(Observasi SMKN 7 Jakarta)
Penulis : Aniesa (31.16.060)
Nur Annisa (31.16.123)
Rahmat R.L (31.16.062)
Ratih Liz Indriani (31.16.114)
Kata Kunci : Lembaga Pendidikan, SKL berkualitas
Lembaga pendidikan merupakan salah satu yang bertanggung jawab dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk membentuk lulusan yang berkualitas, lembaga pendidikan harus memiliki suatu acuan dasar atau standarisasi, salah satunya yaitu Standar Kompetensi Lulusan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya lembaga pendidikan dalam membentuk standar kompetensi lulusan yang berkualitas.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deslcriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokurnentasi. Teknik anahsis data dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles and Huberman, seperti data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion (penarikan kesimpulan).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa proses untuk membentuk SKL yang berkulitas hams menentukan upaya-upayanya terlebih dahulu. Upaya-upaya tersebut diantaranya mengatasi kelinearan pendidik dalam latar belakang jenjang pendidikannya, menambah pendidik sesuai kebutuhan sekolah, meningkatkan metode belajar, kualitas materi dan sarana dan prasarana.
Hal Lain Yang Dianggap Perlu
Jumlah Halaman Permulaan : xii
Jumlah Halaman Isi laporan penelitian : 65
Jumlah Tabel : 9
Jumlah Referensi : 22 Buku (2003-2018)
Jakarta, 26 Juni 2020
Peneliti.