MEWUJUDKAN LEMBAGA BERMUTU BERBASIS STANDAR PENGELOLAAN (Survei di MTsN 16 JAKARTA TIMUR)
Author(s):
Kunaenih, Nabila Suci Ramadhona, Eka Ayu Anindhita, Rizki Amalia, Yulia Citra
Tahun:
2020
Nama Penulis:
Kunaenih, Nabila Suci Ramadhona, Eka Ayu Anindhita, Rizki Amalia, Yulia Citra
Item Type:
Penelitian
Keyword(s):
MEWUJUDKAN LEMBAGA BERMUTU, STANDAR PENGELOLAAN
ABSTRAK
Judul Penelitian : MEWUJUDKAN LEMBAGA BERMUTU BERBASIS STANDAR PENGELOLAAN (SURVEI MTsN 16 JAKARTA TIMUR)
A. Jumlah Halaman Permulaan : 9
B. Junilah Halaman Isi : 82
C. Jumlah Tabel . : -
D. Isi Rangkuman : -
Latar belakang penulis memilih judul ini adalah terkait fakta di lapa... (selengkapnya)
Judul Penelitian : MEWUJUDKAN LEMBAGA BERMUTU BERBASIS STANDAR PENGELOLAAN (SURVEI MTsN 16 JAKARTA TIMUR)
A. Jumlah Halaman Permulaan : 9
B. Junilah Halaman Isi : 82
C. Jumlah Tabel . : -
D. Isi Rangkuman : -
Latar belakang penulis memilih judul ini adalah terkait fakta di lapa... (selengkapnya)
DESKRIPSI
ABSTRAK
Judul Penelitian : MEWUJUDKAN LEMBAGA BERMUTU BERBASIS STANDAR PENGELOLAAN (SURVEI MTsN 16 JAKARTA TIMUR)
A. Jumlah Halaman Permulaan : 9
B. Junilah Halaman Isi : 82
C. Jumlah Tabel . : -
D. Isi Rangkuman : -
Latar belakang penulis memilih judul ini adalah terkait fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa masih terdapat sekolah yang belum mampu menerapkan standar pengelolaan secara maksimal sehingga berdampak buruk terhadap kualitas dan mutu lembaga pendidikan tersebut. Salah satu indikasi bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih rendah, yakni sangat kecilnya jumlah lulusan yang mampu memperoleh nilai yang baik, minimnya jenis keteraxnpilan yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja, sehingga terjadi penumpukan kelompok pengangguran terdidik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengkaji lebih jauh mengenai mutu kelembagaan yang dikaitkan dengan standar pengelolaan pada sebuah lembaga pendidikan formal yaitu di sekolah MTsN 16 Jakarta Timur. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dan observasi, karena penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah MTsN 16 Jakarta Timur merupakan salah satu sekolah yang bermutu dengan berbasiskan standar pengelolaan yang baik, karena adanya upaya-upaya yang di lakukan pihak sekolah, kepala sekolah maupun guru untuk dapat mengelola sistem sekolah dalam berbagai bidang dengan tata kelola dan kerjasama yang baik. Serta adanya berbagai cara yang ditempuh untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi demi dapat mewujudkan sekolah yang bermutu dan meningkatkan kualitas kinerja para guru, staff serta kepala sekolah sebagai cara untuk dapat menjaga kepercayaan masyarakat menyekolahkan anaknya di MTsN 16 Jakarta Timur.
E. Kepustakaan : 17 Buku
F. Sumber Lain : 4 Website, 4 jurnal
Jakarta, 7 September 2020
Peneliti
Judul Penelitian : MEWUJUDKAN LEMBAGA BERMUTU BERBASIS STANDAR PENGELOLAAN (SURVEI MTsN 16 JAKARTA TIMUR)
A. Jumlah Halaman Permulaan : 9
B. Junilah Halaman Isi : 82
C. Jumlah Tabel . : -
D. Isi Rangkuman : -
Latar belakang penulis memilih judul ini adalah terkait fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa masih terdapat sekolah yang belum mampu menerapkan standar pengelolaan secara maksimal sehingga berdampak buruk terhadap kualitas dan mutu lembaga pendidikan tersebut. Salah satu indikasi bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih rendah, yakni sangat kecilnya jumlah lulusan yang mampu memperoleh nilai yang baik, minimnya jenis keteraxnpilan yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja, sehingga terjadi penumpukan kelompok pengangguran terdidik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengkaji lebih jauh mengenai mutu kelembagaan yang dikaitkan dengan standar pengelolaan pada sebuah lembaga pendidikan formal yaitu di sekolah MTsN 16 Jakarta Timur. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dan observasi, karena penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah MTsN 16 Jakarta Timur merupakan salah satu sekolah yang bermutu dengan berbasiskan standar pengelolaan yang baik, karena adanya upaya-upaya yang di lakukan pihak sekolah, kepala sekolah maupun guru untuk dapat mengelola sistem sekolah dalam berbagai bidang dengan tata kelola dan kerjasama yang baik. Serta adanya berbagai cara yang ditempuh untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi demi dapat mewujudkan sekolah yang bermutu dan meningkatkan kualitas kinerja para guru, staff serta kepala sekolah sebagai cara untuk dapat menjaga kepercayaan masyarakat menyekolahkan anaknya di MTsN 16 Jakarta Timur.
E. Kepustakaan : 17 Buku
F. Sumber Lain : 4 Website, 4 jurnal
Jakarta, 7 September 2020
Peneliti