PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PJJ DITENGAH PANDEMI COVID
Author(s):
Maria Ulfah, Ananda Ajeng Afni Putri, Nur Anisa, Alpiatur Rohmah, Gian Muhammad Pratama, Hasfina Dini Utami, Kuswanto
Tahun:
2019
Nama Penulis:
Maria Ulfah, Ananda Ajeng Afni Putri, Nur Anisa, Alpiatur Rohmah, Gian Muhammad Pratama, Hasfina Dini Utami, Kuswanto
Item Type:
Penelitian
Keyword(s):
PJJ, Covid 19, Peran Orang Tua
ABSTRACT
PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PJJ DITENGAH PANDEMI COVID 19 DI RW 007
( Survei di Jl.Kapuk Proyek Rw 007, Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat )
Kata Kunci: PJJ, Covid 19, Peran Orang Tua
Pembelajaran jauh jauh merupakan pembelajaran daring yang pertama kali diter... (selengkapnya)
PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PJJ DITENGAH PANDEMI COVID 19 DI RW 007
( Survei di Jl.Kapuk Proyek Rw 007, Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat )
Kata Kunci: PJJ, Covid 19, Peran Orang Tua
Pembelajaran jauh jauh merupakan pembelajaran daring yang pertama kali diter... (selengkapnya)
DESKRIPSI
ABSTRACT
PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PJJ DITENGAH PANDEMI COVID 19 DI RW 007
( Survei di Jl.Kapuk Proyek Rw 007, Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat )
Kata Kunci: PJJ, Covid 19, Peran Orang Tua
Pembelajaran jauh jauh merupakan pembelajaran daring yang pertama kali diterapkan di Indonesia. Karena pembelajaran seperti ini pendidik atau guru tidak bisa lagi memantau, mendampingi dan membimbing peserta didik secara langsung dan maksimal. Karena sebagian tugas pendidik disekolah kini digantikan oleh orang tua dirumah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data valid tentang peran orang tua dalam mendampingi PJJ ditengah pandemic Covid 19.
Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kepustakaan ( Library Reseaech ) yaitu cara mencari, mengumpulkan, membaca dan menganalisa buku-buku ilmiah, majalah, majalah, surat kabar serta bahan sumber-sumber lain yang ada relevansinya dengan masalah penelitian.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dapat disimpulkan kedua orang tua ( ayah dan ibu ) harus saling bekerja sama untuk membimbing serta mendampingi peserta didik selama belajar dirumah. Kesulitan yang sering dialami oleh orang tua yaitu kurangnya pemahaman dalam menggunakan teknologi dan kurangnya pemahaman materi. Untuk mengatasi kesulitan tersbut, orang tua membantu menyiapkan segala keperluan dan peralatan pembelajaran, orang tua memantau peserta didik selama pembelajaran berlangsung, orang btua membantu menjelaskan materi dan tugas yang diberikan oleh guru, dan meminta bantuan orang lain jika ada materi yang tidak dipahami oleh orang tua.
Hal Lain Yang Dianggap Perlu :
Jumlah Halaman Pemula : 9
Jumlah Halaman Isi : 40
Jumlah Grafik : 1
Jumlah Referensi : 13 Buku ( 2000-2020 )
PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PJJ DITENGAH PANDEMI COVID 19 DI RW 007
( Survei di Jl.Kapuk Proyek Rw 007, Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat )
Kata Kunci: PJJ, Covid 19, Peran Orang Tua
Pembelajaran jauh jauh merupakan pembelajaran daring yang pertama kali diterapkan di Indonesia. Karena pembelajaran seperti ini pendidik atau guru tidak bisa lagi memantau, mendampingi dan membimbing peserta didik secara langsung dan maksimal. Karena sebagian tugas pendidik disekolah kini digantikan oleh orang tua dirumah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data valid tentang peran orang tua dalam mendampingi PJJ ditengah pandemic Covid 19.
Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kepustakaan ( Library Reseaech ) yaitu cara mencari, mengumpulkan, membaca dan menganalisa buku-buku ilmiah, majalah, majalah, surat kabar serta bahan sumber-sumber lain yang ada relevansinya dengan masalah penelitian.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dapat disimpulkan kedua orang tua ( ayah dan ibu ) harus saling bekerja sama untuk membimbing serta mendampingi peserta didik selama belajar dirumah. Kesulitan yang sering dialami oleh orang tua yaitu kurangnya pemahaman dalam menggunakan teknologi dan kurangnya pemahaman materi. Untuk mengatasi kesulitan tersbut, orang tua membantu menyiapkan segala keperluan dan peralatan pembelajaran, orang tua memantau peserta didik selama pembelajaran berlangsung, orang btua membantu menjelaskan materi dan tugas yang diberikan oleh guru, dan meminta bantuan orang lain jika ada materi yang tidak dipahami oleh orang tua.
Hal Lain Yang Dianggap Perlu :
Jumlah Halaman Pemula : 9
Jumlah Halaman Isi : 40
Jumlah Grafik : 1
Jumlah Referensi : 13 Buku ( 2000-2020 )