PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK
Author(s):
Kunaenih, Zulfikar Sopyan, Norsahrilaili, Nurjannah, Lailatul Badriyah, Fauzan Ahmad Zaman, Pricilia Priska R
Tahun:
2019
Nama Penulis:
Kunaenih, Zulfikar Sopyan, Norsahrilaili, Nurjannah, Lailatul Badriyah, Fauzan Ahmad Zaman, Pricilia Priska R
Item Type:
Penelitian
ABSTRAK
PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP
PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK
Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Perkembangan Karakter Anak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan karakter anak pada pembelajaran jarak jauh selama pandemic COVID-19. Pembelajaran jarak jauh menjadi ... (selengkapnya)
PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP
PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK
Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Perkembangan Karakter Anak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan karakter anak pada pembelajaran jarak jauh selama pandemic COVID-19. Pembelajaran jarak jauh menjadi ... (selengkapnya)
DESKRIPSI
ABSTRAK
PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP
PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK
Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Perkembangan Karakter Anak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan karakter anak pada pembelajaran jarak jauh selama pandemic COVID-19. Pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu jawaban dalam proses pendidikan, terutama untuk mengatasi hal hal yang tidak bisa diselesaikan dengan pendekatan mainstream, contohnya dimasa pandemic ini siswa tetap bisa belajar dan mendapatkan ilmu pengetahuan tanpa harus datang ke sekolah.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel menggunakan Cluster sampling dengan penyebaran angket masing-masing 20 item untuk variabel X (Pembelajaran Jarak Jauh) dan 20 item untuk variabel Y (Perkembangan Karakter Anak).
Berdasarkan hasil analisis besarnya pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh (variabel X) terhadap (variabel Y) Perkembangan Karakter Anak di SDIT Al-Quran El-Fawaz Jakarta tergolong sedang atau cukup yaitu sebesar 0,503 atau 50%. Hal ini dapat dilihat dari besarnya ro dengan rt seperti yang diketahui bahwa ro yang peneliti peroleh adalah = 0,503, sedangkan rt masing-masing 0,312 dan 0,403.
Dengan demikian berdasarkan hasil ro > rt pada taraf signifikan 5% dan ro > dari rt pada taraf signifikan 1%, maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui sedangkan Hipotesis Nihil (Hn) ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Perkembangan Karakter Anak.
PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP
PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK
Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Perkembangan Karakter Anak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan karakter anak pada pembelajaran jarak jauh selama pandemic COVID-19. Pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu jawaban dalam proses pendidikan, terutama untuk mengatasi hal hal yang tidak bisa diselesaikan dengan pendekatan mainstream, contohnya dimasa pandemic ini siswa tetap bisa belajar dan mendapatkan ilmu pengetahuan tanpa harus datang ke sekolah.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel menggunakan Cluster sampling dengan penyebaran angket masing-masing 20 item untuk variabel X (Pembelajaran Jarak Jauh) dan 20 item untuk variabel Y (Perkembangan Karakter Anak).
Berdasarkan hasil analisis besarnya pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh (variabel X) terhadap (variabel Y) Perkembangan Karakter Anak di SDIT Al-Quran El-Fawaz Jakarta tergolong sedang atau cukup yaitu sebesar 0,503 atau 50%. Hal ini dapat dilihat dari besarnya ro dengan rt seperti yang diketahui bahwa ro yang peneliti peroleh adalah = 0,503, sedangkan rt masing-masing 0,312 dan 0,403.
Dengan demikian berdasarkan hasil ro > rt pada taraf signifikan 5% dan ro > dari rt pada taraf signifikan 1%, maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui sedangkan Hipotesis Nihil (Hn) ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Perkembangan Karakter Anak.