STRATEGI PENYESUAIAN KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Author(s):
Kunaenih, Shofnatuttuain , Muthi’a Rahmah, Maulidah, Nurul Istiqomah, Tarich Kamil El Islamy, Mahfud Effendi
Tahun:
2019
Nama Penulis:
Kunaenih, Shofnatuttuain , Muthi’a Rahmah, Maulidah, Nurul Istiqomah, Tarich Kamil El Islamy, Mahfud Effendi
Item Type:
Penelitian
Keyword(s):
Pandemi, Virus Corona, Kebijakan Pembelajaran
ABSTRAK
STRATEGI PENYESUAIN KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci: Pandemi, Virus Corona, Kebijakan Pembelajaran.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, berdampak pada berbagai aspek kehidupan salah satunya pendid... (selengkapnya)
STRATEGI PENYESUAIN KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci: Pandemi, Virus Corona, Kebijakan Pembelajaran.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, berdampak pada berbagai aspek kehidupan salah satunya pendid... (selengkapnya)
DESKRIPSI
ABSTRAK
STRATEGI PENYESUAIN KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci: Pandemi, Virus Corona, Kebijakan Pembelajaran.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, berdampak pada berbagai aspek kehidupan salah satunya pendidikan, yaitu penyelenggaraan pendidikan. Dampak yang dimaksud terkait pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh. Model pembelajaran jarak jauh ini merupakan suatu bentuk pembelajaran baru di Indonesia. Perubahan model pembelajaran ini diatur dalam kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemdikbud berupa Surat Edaran dan Surat Keputusan Bersama. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mengharuskan murid serta mahasiswa melaksanakan pembelajaran menggunakan daring dan virtual seperti zoom, google meet, website kampus, dan media daring lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kebijakan pembelajaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah selama pandemi (2) mengetahui problematika pembelajaran di masa pandemi (3) mengetahui langkah strategis dan solusi bagi dunia pendidikan dalam mengatasi problematika tersebut.
Hasil penelitian yaitu kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah cukup membantu untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia mengaruskan pemerintah menertibkan kebijakan berupa surat edaran dan surat keputusan bersama. Sehingga pemerintah merubah model pembelajaran menggunakan model pembelajaran dalam jaringan (daring). Untuk mempermudah guru dalam pembelajaran dapat menggunakan media google classroom, whatsapp ataupun e-learning lainnya menyesuaikan kondisi peserta didik.
STRATEGI PENYESUAIN KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci: Pandemi, Virus Corona, Kebijakan Pembelajaran.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, berdampak pada berbagai aspek kehidupan salah satunya pendidikan, yaitu penyelenggaraan pendidikan. Dampak yang dimaksud terkait pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh. Model pembelajaran jarak jauh ini merupakan suatu bentuk pembelajaran baru di Indonesia. Perubahan model pembelajaran ini diatur dalam kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemdikbud berupa Surat Edaran dan Surat Keputusan Bersama. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mengharuskan murid serta mahasiswa melaksanakan pembelajaran menggunakan daring dan virtual seperti zoom, google meet, website kampus, dan media daring lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kebijakan pembelajaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah selama pandemi (2) mengetahui problematika pembelajaran di masa pandemi (3) mengetahui langkah strategis dan solusi bagi dunia pendidikan dalam mengatasi problematika tersebut.
Hasil penelitian yaitu kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah cukup membantu untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia mengaruskan pemerintah menertibkan kebijakan berupa surat edaran dan surat keputusan bersama. Sehingga pemerintah merubah model pembelajaran menggunakan model pembelajaran dalam jaringan (daring). Untuk mempermudah guru dalam pembelajaran dapat menggunakan media google classroom, whatsapp ataupun e-learning lainnya menyesuaikan kondisi peserta didik.