PENGARUH INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA  (STUDI KASUS DI TK YPI PULOGADUNG)

PENGARUH INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI TK YPI PULOGADUNG)

Categorie(s):
   Penelitian
Author(s):
   Maria,Ulfah
Tahun:
   2021
Nama Penulis:
 Maria Ulfah, Wahyuningtias, Samsi, M. Sidqi Ajami, Abdul Waji, Faradilah Imas Rofikoh
Item Type:
 Penelitian
Keyword(s):
Inovasi,pembelajaran,Motivasi,Belajar

ABSTRAK
PENGARUH INOVASI PEMBELAJARAN
DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
(Studi Kasus di TK YPI PULOGADUNG) Oleh:

Kata Kunci : Inovasi Pembelajaran, Motivasi Belajar
Penelitian ini di latar belakangi sebagai upaya mencari inovasi pembelajaran di masa pandemic covid 19, b... (selengkapnya)

DESKRIPSI



ABSTRAK
PENGARUH INOVASI PEMBELAJARAN
DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
(Studi Kasus di TK YPI PULOGADUNG) Oleh:

Kata Kunci : Inovasi Pembelajaran, Motivasi Belajar
Penelitian ini di latar belakangi sebagai upaya mencari inovasi pembelajaran di masa pandemic covid 19, berbagai upaya dilakukan untuk mencari cara yang terbaik dalam upaya memotivasi belajar siswa dimasa pandemic seperti ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data pengaruh kegiatan inovasi pembelajaran (home visit) di masa pandemic covid-19 terhadap motivasi belajar siswa di TK YPI Pulogadung. Metode analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis metode deskriptif analitik kolerasional, metode penarikan sampel dilakukan dengan random sampling , dengan jumlah responden sebanyak 23 orang siswa/i. teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan angket.

Berdasarkan hasil analisis data diketahui perhitungan melalui rumus uji r dengan hasil ro sebesar 0,875 maka hasil tersebut lebih besar taraf signifikan 5% yaitu 0,433 dan 1% yaitu 0,549. Dengan demikian dapat disimpulkan dapat diketahui bahwa ro> rt baik pada taraf signifikan 5% atau 1% maka Hipotesis Nihil Ditolak atau , sedangkan Hipotesis Alternatif diterima.

Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang tinggi atau pengaruh yang kuat pada inovasi pembelajaran (home visit) di masa pandemic covid 19 terhadap motivasi belajar siswa.