
The Effect of The media social in sexual education for Senior High School Students at Pare East of Java, Indonesia; Students and teachers perspectives
Categorie(s):
Laporan penelitian
Author(s):
Yuli Marlina,Mulki Siregar, Nur Aida, Syahrullah, Suprapto
Tahun:
2021
Nama Penulis:
Yuli Marlina
Item Type:
Penelitian
Keyword(s):
Media Sosial, Pendidikan Sex, perspektif guru dan siswa
Media sosial yang sangat mempengaruhi kehidupan di dua tahun terakhir karena covid-19, telah mengakibatkan berubahnya kebiasaan hidup masyarakat Indonesia. Hal ini menjadikan media sosial satu-satunya jalan untuk menghilangkan kejenuhan di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh... (selengkapnya)
DESKRIPSI
Media sosial yang sangat mempengaruhi kehidupan di dua tahun terakhir karena covid-19, telah mengakibatkan berubahnya kebiasaan hidup masyarakat Indonesia. Hal ini menjadikan media sosial satu-satunya jalan untuk menghilangkan kejenuhan di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap pemahaman pendidikan seksual peserta didik SMA dan sederajat di Pare, Kediri pada tahun 2021.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek media sosial yang begitu cepat dalam pemahaman pendidikan seksual remaja. Bentuk analisis yang digunakan adalah analisis mix method, dimana peneliti telah melakukan analsis kuantitative dan deskriptive yang terjadi melalui interview dan pengumpulan data yang terjadi dilapangan. Keunggulan memakai metode ini adalah penelitian dilakukan berdasarkan pemahaman yang baru yang kompleks, mendetail dan komprehensif. Analisis tersebut adalah; (1)Analisis Diskriminan (Discriminant Analysis), dan (2) Analisis Struktural Equation Modelling (SEM) Penelitian ini dilaksanakan di Pare, Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 sekolah di Kecamatan Pare, 2 Sekoah SMA Negri dan 3 Sekolah SMA swasta dengan marjin error 5%. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive, dan hasil penelitian yang diperoleh antara lain ; a) adanya pengaruh yang sangat rendah antara media sosial dengan pemahaman pendidikan sex peserta didik SMA dan yang sederajat sebesar 1% , dengan spesifik pertanyaan bahwa peserta didik pernah membicarakan hal tersebut dengan sesama teman dan mendapat pembekalan di sekolah
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek media sosial yang begitu cepat dalam pemahaman pendidikan seksual remaja. Bentuk analisis yang digunakan adalah analisis mix method, dimana peneliti telah melakukan analsis kuantitative dan deskriptive yang terjadi melalui interview dan pengumpulan data yang terjadi dilapangan. Keunggulan memakai metode ini adalah penelitian dilakukan berdasarkan pemahaman yang baru yang kompleks, mendetail dan komprehensif. Analisis tersebut adalah; (1)Analisis Diskriminan (Discriminant Analysis), dan (2) Analisis Struktural Equation Modelling (SEM) Penelitian ini dilaksanakan di Pare, Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 sekolah di Kecamatan Pare, 2 Sekoah SMA Negri dan 3 Sekolah SMA swasta dengan marjin error 5%. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive, dan hasil penelitian yang diperoleh antara lain ; a) adanya pengaruh yang sangat rendah antara media sosial dengan pemahaman pendidikan sex peserta didik SMA dan yang sederajat sebesar 1% , dengan spesifik pertanyaan bahwa peserta didik pernah membicarakan hal tersebut dengan sesama teman dan mendapat pembekalan di sekolah