POTRET PERMASALAHAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN SEDERAJAT DI KECAMATAN PARE, KEDIRI JAWA-TIMUR TAHUN

POTRET PERMASALAHAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN SEDERAJAT DI KECAMATAN PARE, KEDIRI JAWA-TIMUR TAHUN

Categorie(s):
   Pendidikan
Author(s):
   Maryam Sulaeman
Tahun:
   2021
Nama Penulis:
 Maryam Sulaeman
Item Type:
 Penelitian
Keyword(s):
Potret Permasalahan, perundungan, Pendidikan

Pendidikan daring yang telah dilaksanakan selama dua tahun terakhir ini, memberikan gambaran yang sangat luas yang mungkin kita hanya terfokus kepada bagaimana pendidik dan peserta didik yang jenuh dengan keadaan. Keadaan yang luput dari pandangan adalah bagaimana perkembanagn teknologi saat ini men... (selengkapnya)

DESKRIPSI



Pendidikan daring yang telah dilaksanakan selama dua tahun terakhir ini, memberikan gambaran yang sangat luas yang mungkin kita hanya terfokus kepada bagaimana pendidik dan peserta didik yang jenuh dengan keadaan. Keadaan yang luput dari pandangan adalah bagaimana perkembanagn teknologi saat ini menjadi suatu alat perundungan antar peserta didik. Perundungan yang terjadi bukan hanya verbal, akan tetapi non-verbal melalui media teknologi. Selain itu permasalahan perundungan ini dapat mengakibatkan bahaya-bahaya latin lainnya yang siap merusak generasi emas bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potret permasalahan peserta didik yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan.
Melalui proposal penelitian kegiatan bantuan pendanaan program penelitian kebijakan merdeka belajar Kampus Merdeka dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian PTS, maka dari itu penelitian ini sangat penting adanya dalam memberikan pengalaman dan pemberdayaan mahasiswa Universitas Islam Jakarta dalam melihat suatu potret permasalahan dalam pendidikan dengan judul Potret Permasalahan Peserta Didik Sekolah Menengah Atas dan sederajat di Kecamatan Pare, Kediri Tahun 2021.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan potret yang sebenarnya dalam permasalahan peserta didik di SMA dan sederajat di Kecamatan Pare di tahun 2021. Luaran penelitian pada Tahun 2022 adalah jurnal Nasional bereputasi .
Metode yang di pakai dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pengambilan data berupa survey dan observasi melalui penyebaran angket yang mendalam dan tertutup kepada 723 peserta didik SMA dan yang sederajat di Kecamatan Pare, Kediri.
Dalam penelitian ini ditemukan masih tingginya bullying yang dilakukan oleh teman sebaya. Untuk korban bullying peserta didik SMA dan yang sederajat di kecamatan pare sebesar 84,5% adalah korban perundungan Cyber, pelaku perundungan cyber sebesar 88,9% dan peserta didik yang menyaksikan bullying cyber sebesar 76,9%.