Optimalisasi Penggunaan Gardu Layanan Gerbang Tol Menggunakan Simulasi Arena
Author(s):
Masrul Indrayana, Mulki Siregar
Tahun:
2003
Nama Penulis:
Masrul Indrayana, Mulki Siregar
Item Type:
Proceeding
ISSN/ISBN:
979- 96964-0-6
Keyword(s):
Antrian, Pintu Tol, Simulasi Arena.
Jalan tol merupakan bebas hambatan dengan tujuan untuk mempersingkat waktu perjalanan kesuatu tempat. Sebagai jalan bebas hambatan jalan tol juga tidak dapat menghindari terjadinya kemacetan (antrian) khusunya di pintu tol. Antrian yang terjadi di pintu (gerbang) tol biasanya terjadi pada jam-jam te... (selengkapnya)
DESKRIPSI
Jalan tol merupakan bebas hambatan dengan tujuan untuk mempersingkat waktu perjalanan kesuatu tempat. Sebagai jalan bebas hambatan jalan tol juga tidak dapat menghindari terjadinya kemacetan (antrian) khusunya di pintu tol. Antrian yang terjadi di pintu (gerbang) tol biasanya terjadi pada jam-jam tertentu. Hal ini disebabkan karena kecepatan pelayanan gerbang tol tidak memadai untuk mengimbangi jumlah kendaraan yang masuk ke jalan tol tersebut. Masalah antrian di pintu tol dihadapi pada beberapa gerbang tol, tak terkecuali gerbang tol Kebun Jeruk-Jakarta. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dirancang aturan pelayanan yang memberikan pemecahan terbaik terhadap permasalahan antrian di pintu tol tersebut. Dengan menggunakan perangkat lunak Arena 3.1 maka ditemukan tiga model optimal aturan pelayanan di pintu tol. Ketiga model yang ditemukan rata-rata dapat mengurangi lama menunggu kendaraan di antrian pintu tol sebesar 32% dari waktu tunggu sebelumnya.