Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Bengkel Sepeda Motor Dengan Menggunakan Metode Servqual dan Quality Improvement ISO 9001:2000

Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Bengkel Sepeda Motor Dengan Menggunakan Metode Servqual dan Quality Improvement ISO 9001:2000

Author(s):
   Untung Setiyo Purwanto
Tahun:
   2010
Nama Penulis:
 Untung Setiyo Purwanto
Item Type:
 Proceeding
ISSN/ISBN:
978-602-97477-0-6

kepuasan pelanggan terhadap sebuah pelayanan jasa service kendaraan bermotor merupakan suatu kebutuhan konsumen yang sangat vital agar perusahaan tersebut dapat bersaing dengan pihak kompetitor. salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada p... (selengkapnya)

DESKRIPSI



kepuasan pelanggan terhadap sebuah pelayanan jasa service kendaraan bermotor merupakan suatu kebutuhan konsumen yang sangat vital agar perusahaan tersebut dapat bersaing dengan pihak kompetitor. salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. tidak hanya dari segi karyawan saja tapi pihak perusahaan juga harus meningkatkan fasilitas-fasilitas yang tersedia guna mendukung terciptanya kepuasan pelanggan. Untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap jasa pelayanan yang diberikan salah satunya adalah dengan menggunakan metode servqual. dengan metode ini dapat diketahui nilai dari masing-masing atribut pelayanan yang diberikan pihak perusahaan kepada pelanggan apakah pelanggan sudahb merasa puas atau belom puas. Nilai Servqual positif menunjukkan rasa puas pelanggan terhadap jasa pelayanan yang diberikan sedangkan nilai servqual negatif menunjukkan pelayanan yang dirasakan pelanggan masih kurang, metode lain yang digunakan untuk memperbaiki atribut-atribut pelayanan yang masih memiliki nilai negatif adalah menggunakan quality improvement ISO 9001:2000 dengan konsep PDCA (Plan, do, check, Action)